Penyakit Warisan pada Anak

Write By: admin Published In: Tips Created Date: 2018-10-09 Hits: 19 Comment: 0

Sebagai orangtua, sudah seharusnya jika anak kita memiliki ciri-ciri fisik, karakter bahkan sampai penyakit pun sama seperti kita. Namun Moms, pasti kita hanya mau mewariskan pada buah cinta hal-hal yang baik saja, bagaimana dengan panyakit? Faktanya, ada beberapa jenis penyakit turunan yang secara otomatis diturunkan orangtua ke anak.

Sebagai orangtua, sudah seharusnya jika anak kita memiliki ciri-ciri fisik, karakter bahkan sampai penyakit pun sama seperti kita. Namun Moms, pasti kita hanya mau mewariskan pada buah cinta hal-hal yang baik saja, bagaimana dengan panyakit? Apakah bisa anak mengidap penyakit yang sama seperti kita?

Faktanya, ada beberapa jenis penyakit turunan yang secara otomatis diturunkan orangtua ke anak. Apa sajakah itu? Berikut ini penyakit yang bisa diturunkan kepada anak.

  1. Pembekuan darah

Hemophilia adalah salah satu penyakit yang diturunkan kepada anak. pembukuan darah ini terjadi pada kromosom X, sehingga penyakit ini kemungkinan besarnya diturunkan kepada anak laki-laki. Selain itu, penyakit ini sulit sekali dicegah. Karena hal ini merupakan dari kromosom orangtuanya

Untuk itu, cobalah untuk konsultasi ke dokter untuk penangganan dan informasi lebih lanjut.

  1. Masalah Pengelihatan

Jika kedua orangtua mengalami rabun jauh, kemungkinan anak mewarisinya adalah 25-30%. Jika anak perempuan akan meneruskan gen buta warna,karena fungsinya sebagai pembawa. Anak laki-laki akan mengalami buta warna dari warisan orangtua. Jadi, jika Moms mengalami buta warna, maka kemungkinan besar anak akan mengalami hal yang sama.

Selain rabun jauh dan buta warna, masalah pengelihatan juga bisa mata malas. Mata malas adalah gangguan pengelihatan sebelah mata pada anak-anak, karena mata dan otak tidak mau bekerja sama sehingga pengelihatan menurun. Gejalanya, mata juling sebelah, gerakan kedua mata yang tidak sinkron, dan sering memincing mata sebelah.

  1. Diabetes melitus

Merupakan penyakit jangka Panjang atau kronis yang ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) diatas normal. Faktanya, Indonesia termasuk dalam 10 negara terbesar penderita diabetes. Dan 50% dari mereka belum menyadarinya loh Moms. bagaimana dengan Moms? sudah check kadar gula darah?

Karena penyakit ini sangat besar kemungkinan untuk diturunkan ke si kecil loh Moms. karena seorang anak yang mempunyai antigen leukosit (HLA) dalam darah atas warisan orangtuanya, lebih beresiko besar mengidap penyakit ini Moms.

  1. Penyakit Thalasemia

Penyakit keturunan yang menyebabkan gangguan atau kelainan dalam pembentukan sel darah merah yang selalu mudah pecah dan kadar Hemoglobin yang rendah sehingga menyebabkan anemia kronis pada anak. gejalanya, anak pucat, perut membesar, tampak kehitaman akibat hipermentasi kulit, tulang tipis / mudah keropos.

Untuk mengatasinya, anak harus mendapatkan transfusi darah secara rutin. Agar hemoglobin selalu dalam kondisi normal.

  1. Alopecia Areata

Penyakit yang disebut sebagai kebotakan. Resiko anak yang mengalami penyakit ini jika keluarga memiliki riwayat penyakit asma pada bayi, diabetes pada anak-anak, eksim atopic atau penyakit auto imun lainnya.

jika anak usianya lebih dari 6 bulan mengalami rambut rontok, rambut terlihat mengumpal,kulit kepala cendrung terlihat lebih halus dan pertumbuhan rambut yang lamban. Lalu kebotakan yang terlihat membentuk bulat atau oval.

Untuk mengatasinya, Moms bisa konsultasi dengan dokter untuk memastikan dan juga untuk mengatasinya.

  1. Alergi

Sudah banyak orang yang tau jika alergi kemungkinan turun ke anak kita sampai 50%. Jika orangtua yang sama-sama memiliki alergi, kemungkinannya sangat besar anak akan terkena. Tapi juga belum pasti Moms dan anak akan mengalami alergi yang sama dengan Moms.

Gejalanya mulai dari ruam kulit, bitnik-bintik merah, mata merah, gatal-gatal.

Jika anak memenuhi gejala, maka lebih baik Moms memberikan obat alergi. Jika masih seperti dan makin parah, Moms bisa membawa si kecil ke dokter untuk melakukan tes alergi.

Salah satu cara untuk mencegah penyakit warisan tersebu, maka disarankan untuk melakukan pemeriksaan lengkap sebelum menikah. Namun apabila orangtua memiliki salah satu penyakit diatas dan anak memenuhi ciri diatas, lebih baik konsultasikan dengan dokter.

Leave A Comment

Captcha