Tips mengatasi anak yang sulit tidur

Write By: admin Published In: Tips Created Date: 2016-04-17 Hits: 335 Comment: 0

Tips menidurkan anak yang sulit tidur

Malampun tiba tapi si kecil masih belum mau tidur? Hal ini adalah hal yang paling memusingkan kepala ibu. Seolah serangkaian aktifitas yang dilakukan si kecil seharian tidak membuatnya lelah ataupun merasakan kantuk, padahal kita sebagai orang tua sudah lelah dan membutuhkan istirahat.

Bertambah besarnya anak kita, semakin besar pula peningkatan keaktifannya. Dalam bermain anak-anak tidak peduli seberapa besar kantuk yang dialaminya saat malam tiba.

Berikut ini adalah Tips dan Cara untk mengatasi anak yang susah tidur :

1.Perkirakan waktu tidur anak

Pada umumnya, waktu biasa tidur pada anak pada malam hari adalah pukul 21:00 dan waktu tidur siang adalah 13:00. Dalam hal ini, anda harus konsisten dalam memilih waktu tidur pada anak, ini sangat penting karena ini akan menciptakan sebuah kebiasaan rutin yang akan dilakukan oleh si kecil.

2.Ajaklah tidur dan masuk ke kamar.

Jika anda telah menetapkan waktu tidur pada si kecil, selanjutnya adalah mengajak si kecil untuk tidur. Memang cara ini tidak ampuh, namun hal ini mengartikan bahwa anda telah memberikan isyarat atau sinyal untuk si kecil lekas tidur.

3.Matikan atau hentikan segala aktifitas

Jika anak anda masih asyik dalam permainannya, anda bisa memberikan sinyal kedua, yaitu dengan mematikan lampu-lampu, ponsel, televisi dan lain-lain. Hal ini berguna untuk menghentikan akifitasnya dan merasa waktu bermainnya telah usai.

4.Ajaklah bermain permainan sebelum tidur

Jika si kecil masih tidak tergoyahkan untuk menghentikan permainannya, anda bisa mengajaknya ke kamar dengan bujuk rayu seperti mengajaknya bermain dikamar. Seperti menyusun puzzle, menceritakan dongeng, ataupun permainan yang lainnya yang tidak membuatnya aktif.

5.Siapkanlah tempat tidur yang nyaman.

Dalam hal ini anda harus rajin membersihkan tempat tidur si kecil. Jangan lupa juga untuk menyediakan selimut dan bantal yang bersih. Pastikan suhu ruangan yang tidak terlalu dingin,namun tidak panas.  Jangan mematikan lampu jika anak anda takut kegelapan.

Anda bisa memasangkan lampu tidur dikamar anak anda ataupun anda bisa mendekorasi kamar anak anda agar lebih terlihat menyenangkan.

 Anda pun dapat menyediakan segelas susu untuk si kecil, karena kandungan triptofan dalam susu dapat membuat anak anda tidur dengan nyenyak.

Pastikan dikamar anak anda tidak ada mainan yang terlihat atau anda bisa menyimpannya di box, karena jika ada mainan yang terlihat akan membuat si kecil ingin bermain lagi.

6.Pastikan si kecil sudah membersihkan diri

Selepas dari serangkaian aktifitas yang penat, pasti tubuh si kecil kotor dan bau. Sudah wajib hukumnya untuk membersihkan badan si kecil. Jadi pastikan si kecil sudah membersihkan diri dan kenakanlah piyama yang berbahan nyaman untuk si kecil atau anda bisa melihat berbagai piyama tidur di kbabynkids

Hal ini sangat penting, karena ketidaknyamanan pakaian dapat menganggu tidur si kecil.

7.Usapan lembut untuk menenangkan si kecil

Cara ini terbukti sangat ampuh untuk membuat si kecil cepat terlelap. Karena usapan yang lembut membuat si kecil akan merasakan kenyamanan dan disayangi. Anda bisa mengusap bagian kepala atau alis pada anak anda.

8.Kehadiran Anda disampingnya

Sebelum si kecil benar-benar terlelap,pastikan agar anda disampingnya. Hal ini dapat membuat si kecil terlindungi dan aman. Anda bisa tiduran di sampingnya hingga si kecil tertidur.  Untuk si kecil yang belum bisa tidur sendirian, pastikan anda selalu disampingnya, untuk menjaga-jaga jika si kecil mengalami mimpi buruk dan butuh perlindungan dari anda.

 

Demikianlah Tips atau Cara membuat si kecil tidur. Pastikanlah pula anda konsisten dalam memilih waktu tidur untuk anak anda. 30 menit sebelum jam tidur anak, upayakanlah untuk melakukan cara-cara diatas untuk ketepatan waktu tidur si kecil.

Leave A Comment

Captcha