Tips Agar Batita Anda Dapat Makan Sendiri

Write By: admin Published In: Tips Created Date: 2019-09-16 Hits: 14 Comment: 0

Bunda, Berikut beberapa tips Ampuh agar Batita anda mau makan sendiri. Buktikan sendiri

Bunda, Tahukah anda bahwa sejak umur dua tahun si kecil dapat ditanamkan untuk belajar makan sendiri. Tentu anda bertanya-tanya bagaimana mungkin batita anda dapat makan sendiri. Tentu bisa, mulai dari memakan biskuit, cemilan dan makanan kecil lainnya. Si kecilpun juga sudah bisa diajarkan minum di gelas dengan sedotan.

 

tips parenting, anak makan sendiri, anak susah makan

Ilustrasi : Istockphoto

 

Namun, nyatanya banyak orangtua yang masih memanjakan anaknya untuk makan disuapin,memang sebenarnya bukan sepenuhnya kesalahan orangtua. Alasan orangtua pun hanya ingin anaknya dapat makan dengan baik dan cepat, dan yang paling terutama tidak berantakan. Tetapi kenapa anak masih mau disuapin atau ngambek jika tidak disuapin? Hal itu karena kebiasaan anak disuapin terus menerus.

Apa anak anda bisa makan sendiri? Ya itu bisa! Makan sendiri dengan cara diajarkan sejak dini yang tentunya perlu proses yang tidak sebentar dan kesabaran ekstra. Jadi jangan khawatir, karena masalah itu dapat dicegah sejak dini.

 

Berikut ini beberapa cara membuat anak dapat makan sendiri :

1. Untuk anak anda yang sangat aktif, Ajak anak anda makan dimeja makan. Usahakan agar anak anda tidak membawa mainan ke meja makan. Jangan lupa cuci tangan sebelum dan sesudah makan. Ajarkan pada anak anda cara mencuci tangan yang benar sebelum makan dan sesudah makan. Ajarkan pula memakai handsoap pada anak anda. 

2. Mulailah dengan belajar memegang sendok. Ajarkan pada anak anda cara memegang sendok yang baik dan ajarkan pula fungsi sendok ataupun fungsi peralatan makan yang lainnya. Anda dapat menyediakan piring,sendok, gelas dan peralatan makan anak anda dengan gambar karakter kartun favoritenya. hal ini bertujuan agar anak anda lebih berminat dan senang saat makan. Jangan lupa untuk pilih peralatan makan berbahan plastik dan BPA Free.

3. Persiapkan porsi makan anak anda dengan bentuk yang mudah dimakan dan secukupnya, misalnya anak anda memakan ayam,anda dapat memisahkan daging dan tulangnya agar anak anda tidak kesulitan saat aksi makannya dimulai.

4. Persiapkan peralatan pelengkap seperti slaber ataupun tissue untuk membantu membersihkan makanan pada anak anda dan sekitarnya dan serbet untuk melindungi baju anak anda. Sebenarnya wajar bila keadaan meja makan akan menjadi berantakan saat awal anak anda makan sendiri.

5. Siapkan makanan yang mengandung gizi yang baik untuk pertumbuhan anak anda. Pastikan pula bahwa makanan yang anda sediakan mudah dikunyah atau padat, seperti perkedel. Jika anak anda tidak suka makan sayur atau pemilih dalam makan, Anda bisa bereksperimen mencampurkan makanan kesukaan anak anda dengan sayuran.

6. Anda bisa makan berdua bersama dengan anak anda. Tentunya fokus utama anda pada anak anda. Makan berdua bersama dengan anak anda bertujuan agar anak anda bisa semangat dan berada dibawah bimbingan anda. 

7. Beri anak anda pujian yang disertai tepuk tangan jika anak anda ada suatu kemajuan. Karena pujian sekecil apapun akan membuat anak anda lebih bersemangat dan senang. atau anda dapat  memberikan anak anda hadiah membuat anak anda semakin senang. Hadiah juga bisa dijadikan bujuk rayu untuk anak anda makan sendiri.

‚Äč

Dorongan semangat anda sangat diperlukan untuk anak anda. Yang paling penting adalah jangan memaksa anak anda. jika anda memaksanya untuk makan sendiri, anak anda akan merasa jika waktu makan adalah waktu yang menyeramkan.

Pastikan pula kursi yang digunakan anak anda nyaman dan terjangkau oleh meja makan. Dan jauhkan cemilan kesukaan anak anda dari sekitar anak anda makan, karena anak anda bisa mogok makan.

Memang tidak mudah, namun lambat laun pasti anak anda dapat peningkatan.
Selamat mencoba, Bunda.

 

Leave A Comment

Captcha